Menyantap Mie Kepiting Bakongan

Mie kepiting Bakongan yang masih di dalam kuali

Kita Berjalan akan mengulas makanan yang menjadi fovorit wisatawan saat berkunjung ke Aceh Selatan. Tepatnya itu, di daerah Bakongan bagian paling barat Aceh Selatan. Di sini terdapat cafe yang menyediakan makanan seafood, salah sataunya mie kepiting. 

Selain mie kepiting, cafe yang bernama Sara Cafe ini juga menyediakan mie udang, mie cumi, mie udang lobster, dan tersedia juga sop nya. Kita Berjalan memilih menyantap mie kepiting karena sepertinya lebih menantang memakannya. Kita harus menggunakan penjepit besi untuk membuka cangkang kepiting yang berukuran besar itu. 

Bagian depan kafe

Kepiting yang disediakan tidak tanggung-tanggung besarnya. Satu ekor kepiting bisa mencapai 1 kg beratnya. Bayangkan satu piring dipenuhi satu ekor kepiting lengkap dengan mie Aceh yang bumbunya super lezat, tidak pakai ganja ya

Di situlah menantangnya saat kita berusaha lebih keras untuk membuka cangkangnya yang besar-besar itu supaya bisa diambil isinya. 

Berapa harga per porsi? 

Harga mie kepiting ini dihitung sesuai dengan berat kepitingnya. Satu kilo gramnya dihargai Rp50.000 dan harga mie Rp7.000. Jadi, untuk satu porsi mie kepiting kamu harus membayar Rp57.000. Harga ini juga berlaku untuk pemesanan udang dan cumi. 

Sebelum dimasak, kepitingnya ditimbang dulu

Kalau saran Kita Berjalan, kamu bisa join sama temanmu untuk satu porsi kepiting dengan memesan dua piring mie Aceh. Kecuali kalau kamu sanggup menghabiskan sendiri isi kepitingnya. 

Bagaimana cara memakannya? 

Saat memakan kepiting yang super besar ini, kamu harus menggunkan penjepit pembuka cangkang yang sudah disediakan. Hanya saja, kamu harus berhati-hati menggunakannya karena bila terlalu keras akan membuat isi dalam (daging) kepiting hancur. Jadi, jepitlah dengan penuh perasaan. Hehehe 


Hati-hati juga menggunakan jepitan, kalau salah-salah nanti justru jarimu yang terjepit. Begitu juga saat memakannya, pastikan tidak ada lagi cangkang yang melekat pada daging kepiting. Makanlah secara perlahan dan nikmati kelezatannya sambil menyantap mie Aceh yang bumbunya super enak. 

Di mana lokasi kafe ini? 

Cafe Sara berada di Jalan Medan – Tapaktuan, persis di pinggir jalan tidak jauh dari dermaga menuju Pulau Dua. Tepatnya di Kp. Baru, Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan. Bila kamu perginya dari Kota Tapaktuan, mungkin menghabiskan waktu 2 jam untuk sampai ke mari. 


Namun, kamu jangan khawatir tidak menemukaan tempat ini karena lokasinya sudah terdeteksi di google map. Hari gini, masih kesulitan menemukan alamat? Nggak lagilah, kecuali alamat palsu seperti lagu yang dinyanyikan Ayu Ting-ting. 

Kapan bisa menikmati mie kepiting Bakongan? 

Sara Cafe buka setiap hari dari Senin sampai Minggu, jadi kamu bisa menikmatinya kapan pun dari pukul 08.00 – 23.59 WIB. Setiap saat kepiting, udang, cumi, atau lobsternya selalu tersedia karena mereka membudidayakannya sendiri. 

Bahkan kita bisa memilih kepiting mana yang akan disajikan dengan mie Aceh pesanan kita. Asyiknya lagi, kita diizinkan menangkap kepiting dengan jaring yang sudah disediaknnya. Namun, hati-hati dengan capitnya ya, bisa-bisa nanti kamu malah kena jepit. 

Berani pegang kepitingnya?

Nah, bila kamu selera untuk menyantap mie kepiting Bakongan ini, segerakan langkah untuk Kita Berjalan menuju Bakongan, Aceh Selatan. 

Bila kesulitan menemukan tempat ini, silakan hubungi Kita Berjalan ya, supaya kita sama-sama jalan ke sana. :D
Posting Komentar
Diberdayakan oleh Blogger.