Tiga Lokasi Air Terjun yang Bisa Kamu Temui di Aceh Selatan


Tingkat kedua Air Terjun Tingkat 7
Foto doc kitaberjalan.net

Air terjun memang destinasi wisata yang menarik bagi kebanyakan orang. Namun, perlu perjuangan lebih untuk mendatangi lokasi wisata tersebut karena kebanyakan air terjun berada di pegunungan dan butuh perjalanan jauh untuk mendatangi lokasi tersebut.

Eitss, jangan khawatir. Kita Berjalan akan membahas tiga lokasi Air Terjun di Aceh Selatan yang bisa kamu temui, bahkan ada yang berada di pinggir jalan raya sehingga tidak perlu capek-capek harus berjalan jauh menelusuri pegunungan.

1. Air Terjun Air Dingin

Air Terjun Air DinginFoto doc kitaberjalan.net

Lokasinya berada di Jalan Tapaktuan – Meulaboh, Gampong Batu Tonggai, Samadua, Aceh Selatan. Hanya berjarak 20 meter dari jalan raya, kamu bisa menyaksikan keindahan air terjun yang jatuh dari ketinggian 15 meter.

Konon katanya air terjun ini merupakan pemandian putri naga dalam kisah Legenda Tapaktuan. Di sini kamu bisa berenang dan mandi sepuasnya di bawah pancuran air terjun dengan airnya yang begitu dingin. Kamu juga bisa bermain di pantai karena di depan lokasi air terjun ini terdapat Pantai Putih yang sangat indah. 

Yuk, lihat videonya di sini

2. Air Terjun Tingkat 7

Wah, asyik ya bisa berenang Foto doc kitaberjalan.net

Air terjun yang berada di Gampong Batu Itam, Tapaktuan ini tidak hanya ada satu, melainkan ada tujuh tingkat dan setiap tingkatnya terdapat air terjun. 

Berjarak 900 meter dari jalan raya Tapaktuan -Medan, tempat ini bisa diakses melalui kendaraan bermotor. Namun, untuk mobil hanya mobil kecil saja yang bisa memasuki lokasi wisata Air Terjun Tingkat 7.

Kondisi jalannya yang tidak begitu besar dengan medan terjal dan curam membutuhkan kehati-hatian untuk melewati jalur ini. Namun, jangan khawatir, kamu bisa meminta warga setempat untuk mengatarkanmu ke lokasi air terjun ini bila kamu tidak berani mengendarai sendiri.
Foto doc kitaberjalan.net

Sesampainya ke lokasi Air Terjun ini, kamu bisa menyaksikan hijaunya pepohonan tinggi menjulang, disambut dengan indahnya pancuran air terjun yang jatuh dari ketinggian beberapa meter. 


Bila kamu hendak kemari, jangan lupa membawa bekal makanan karena tidak ada kafe atau pedagang yang menjual makanan di atas sana. Namun, jangan lupa bawa kembali sampah dari bungkusan makananmu supaya tempat ini tetap lestari.

3. Air Terjun Tangga 1000

Sumber foto : Komunitas Wisata Tuan Tapa

Air terjun ini merupakan lokasi destinasi wisata terbaru di Aceh Selatan. Tempatnya berada di Desa Ie Jeurneh, Trumon Tengah. Butuh waktu sekitar satu setengah jam dari Jalan Medan – Tapaktuan untuk bisa sampai ke lokasi tersebut.

Jalan yang ditempuh merupakan jalan berbatu dan licin karena akses jalannya belum beraspal. Bila hendak kemari, baiknya ditemani warga setempat dan perginya bersama komunitas seperti yang dilakukan oleh Komunitas Wisata TuanTapa pada Minggu, 3 Februari 2019 lalu.

Walau akses jalannya kurang bagus, pemerintah setempat berencana akan membuat akses jalan yang bagus nantinya supaya memudahkan wisatawan datang ke lokasi Air Terjun Tangga 1000.
Sumber foto: Komunitas Wisata Tuan Tapa

Nah, itu dia tiga lokasi wisata Air Terjun yang ada di Aceh Selatan. Bila kamu ke Kota Naga ini, jangan lupa untuk mengunjungi salah satunya. Tunggu informasi wisata menarik lainnya dari Kita Berjalan.

4 komentar:

Karya Ibu mengatakan...

Thanks Yel, jadi bisa buat bahan referensi mbolangan hehe

Yelli Sustarina mengatakan...

Iya kak, nanti main-main saja ke Aceh Selatan. Kunjungi destinasi Wisata air terjun ke salah satunya.

Bai RUindra mengatakan...

Wah, semoga bisa ke sini suatu saat nanti ya.

Yelli Sustarina mengatakan...

Amin, semoga bg Ubai. Nanti waktu acara resepsi Yel datang, biar bisa ke Air Terjun 😀

Diberdayakan oleh Blogger.